Lingkungan bisnis yang berubah
begitu cepat sangat mempengaruhi perkembangan konsep dan praktik akuntansi
manajemen. Akuntansi manajemen harus mampu menyediakan informasi yang
memungkinkan manajer untuk berfokus pada nilai pelanggan (customer value), manajemen mutu total (total quality management), kompetisi berbasis waktu (time based competition) dan pemanfaatan
teknologi informasi.
§ Activity Based Management.
Manajemen berbasis aktivitas adalah
suatu sistem yang luas dan terintegrasi yang berfokus pada perhatian
manajemen terhadap aktivitas, bertujuan untuk meningkatkan nilai pelanggan dan
laba yang dihasilkan.
§ Orientasi
pada Pelanggan. Orientasi pada pelanggan merupakan
perbedaan antara apa yang diperoleh
pelanggan (kepuasan pelanggan) dengan apa yang diberikan oleh pelanggan
(pengorbanan pelanggan)
§ Penempatan
stratejik. Manajemen biaya stratejik merupakan
penggunaan informasi biaya untuk
mengembangkan dan mengidentifikasikan strategi yang lebih baik yang akan
menghasilkan keunggulan kompetitif yang berkesinambungan.
§ Kerangka
kerja Rantai Nilai
Rantai Nilai
Industri: merupakan rangkaian aktivitas penciptaan nilai yang terhubung mulai
dari bahan baku mentah sampai dengan pembuangan produk akhir oleh pengguna
akhir. Dalam pengelolaan rantai nilai , seorang akuntan manajemen arus mampu
memahami berbagai fungsi bisnis, dari manufaktur sampai dengan pemasaran.
Penekanan pada kualitas ini menciptakan tuntutan atas suatu sistem akuntansi
manajemen yang menyediakan informasi keuangan maupun non keuangan tentang
kualitas.
Manajemen biaya
merupakan suatu sistem yang dirancang untuk menyediakan informasi baik bersifat
keuangan mengenai pendapatan dan biaya, serta informasi non keuangan yang
relevan mengenai kualitas dan produktivitas bagi manajemen untuk identifikasi
peluang-peluang penyempurnaan, perencanaan strategik dan pembuatan keputusan
operasional mengenai pengadaan dan penggunaan sumber-sumber yang diperlukan
oleh organisasi. Manajemen biaya juga merupakan suatu sistem terintegrasi yang
menunjukkan adanya hubungan dengan sistem lainnya seperti sistem desain dan
pengembangan, sistem pembelian dan produksi, sistem pelayanan konsumen, serta
sistem pemasaran dan distribusi.
Dari pengertian tersebut, manajemen perusahaan harus memfokuskan manajemen biaya pada analisis rantai nilai (Value Chain Analysis).
0 Response to "Akuntansi Manajemen dan Aturan dalam Manajemen Biaya"
Post a Comment