Lingkungan Etika Dalam Bisnis , Ekspetaksi Dalam Bisnis, dan Lingkungan Etika dalam Profesi

Lingkungan Etika Dalam Bisnis , Ekspetaksi Dalam Bisnis, dan Lingkungan Etika dalam Profesi

Etos Bisnis

              Sebuah pertanyaan yang penting dan sering didengar adalah “ bagaiman menerapkan prinsip etika bisnis sehingga benar-benar operasional. Banyak di perusahaan-perusahan besar yang telah mengambil suatu langkah tepat ke arah penerapan prinsip-prinsip etika bisnis tersebut, walaupun prinsip mereka adalah merupakan varian dari prinsip-prinsip bisnis yang mana pertama-tma membangun budaya perusahaan “Corporate Culture“ yang bisa disebut juga sebagai Etos Bisnis.

Dalam hal ini yang dimaksud dengan , etos bisnis adalah : suatu kebiasaan atau budaya moral yang menyangkut kegiatan bisnis yang dianut dalam suatu perusahaan dari generasi ke generasi lainnya. Intinya adalah pembudayaan atau pembiasaan penghayatan terhadap nilai-nilai ,norma atau prinsip moral tertenu yang dianggap sebagai inti kekuatan dari suatu perusahaan yang sekaligus juga membedakannya dari perusahaan lainnya.

Biasanya Etos Binsis tersebut, dikembangkan terus menerus sesuai dengan perkembangan perusahan dan mengikuti perkembangan bisnis serta masayarakatnnya. Demikian juga etos ini dapat berubah, dalam arti ke arah yang lebih baik, sesuai dengan misi yang dianut oleh setiap manajer yang bergantian memegang kendali di perusahaan tersebut. Namun demikian pada visi dan prinsip dasarnya tidak banyak berubah. Perubahannya yang dialami adalah penerapan visi dan prinsip etos sesuai dengan tuntutan dan perkembangan perusahaan dan bisnis dalam masyarakat.

Dalam hal diatas, tentu saja berkembang tidaknya sebuah etos dalam sebuah etos bisnis di sebuah perusahaan sangat ditentukan oleh gaya kepemimpinan para pimpinannya. Betapa baiknya nilai-nilai dan prinsip moral tertentu, tapi jika tidak ditunjang gaya kepemimpinan yang kondusif untuk menumbuhkan etos bisnis yang baik, maka etos bisnis akan sulit berkembang.
              Walaupun gaya kepemimpinan semacam manipulator ataupun administrastor biroklratis sangat membawa hasil yang diinginkan, dalam banyak hal akan sulit menumbuhkan etos bisnis yang baik dalam suatu perushaaan. Karena gaya semacam itu terlalu memperalat karyawan demi mencapai tujuan perusahaan atau terlalu kaku bertumpu pada aturan-atruan dan prosedur birokratis yang berbelit-belit. Sebaiknya gaya kepemimpinan manajer yang profesional yang menekankan kerjasama kelompok serta gaya kepemimpinan yang bersifat transformatif akan lebih kondusif bagi perkembangan etos bisnis yang baik dalam suatu perusahaan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Lingkungan Etika Dalam Bisnis , Ekspetaksi Dalam Bisnis, dan Lingkungan Etika dalam Profesi"

Post a Comment